Operator Sekolah Sebagai Jantung Pendataan Di Sekolah

0
153
operator sekolah

Manusia tak bisa hidup jika tak ada jantung. Jantung merupakan Organ yang terpenting dalam tubuh manusia. Operator Sekolah di ibaratkan dengan jantung manusia. Berbicara tentang operator dalam sebuah perusahaan adalah seorang yang menangani dan mengendalikan mesin-mesin perusahaan. Tanpa Operator, perusahaan tidak berjalan dengan baik serta mengalami hambatan. Di setiap instansi/lembaga/kantor bahkan lembaga pendidikan juga membutuhkan Operator yang menangani berbagai peralatan dan data, baik Online maupun Offline.

Pada sebuah lembaga pendidikan tentu sangat membutuhkan Operator yang disebut Operator Sekolah (OPS). OPS merupakan bagian penting dalam sistem pendataan pendidikan yang saat ini terintegrasi dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Jadi, tidak bisa dipandang sebelah mata akan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang OPS. Kemudian, sebagai seorang OPS harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya, sehingga amanah dan tanggung jawab yang dibeban kepadanya dapat dilaksanakan dengan baik.

Ada beberapa hal yang wajib diketahui dan dipahami oleh seorang OPS pada awal tahun pelajaran 2016/2017, salah satunya adalah pendataan siswa baru dan pendataan bagi PTK yang baru masuk. Dalam pendataan ini, tentu seorang OPS mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendataan. Disamping itu, seorang OPS harus membuat jadwal pendataan sehingga pekerjaan tidak menumpuk pada berbagai hal. Adapun hal-hal yang harus dikuasai serta tugas dan tanggung jawab seorang Operator sekolah.

Seorang OPS tentu membutuhkan Upah yang bisa menunjang kebutuhan sehari-hari. Pemberian Upah atau honor kecil seorang Operator bertujuan agar seorang operator tetap semangat dalam bekerja dan melayani sekolah. Seorang Kepala Sekolah pada sebuah lembaga pendidikan harus memahami betapa sulit dan beratnya pekerjaan Operator. Oleh kerena itu, berilah apa yang menjadi haknya dan pemberian upah yang layak bagi seorang OPS.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY