Jaringan pengelolaan data pendidikan atau SDM Kemdikbud yang beralamat di http://sdm.data.kemdikbud.go.id merupakan media komunikasi antara pengelola data pendidikan secara vertikal maupun horisontal, yang keberadaannya sebagai simpul-simpul yang memastikan bahwa data pendidikan dapat terkelola dengan baik dan optimal untuk memastikan bahwa seluruh warga negara terlayani dengan baik, profesional dan transparan.

Setiap sekolah melalui operatornya harus mendaftarkan akun di situs SDM dan 1 sekolah cukup 1 akun. Apabila sudah punya akun di situs SDM maka tidak perlu mendaftarkan lagi, kecuali kalau belum pernah mendaftar akun atau mungkin kalau ganti operator pengelola data pendidikan di sekolah dan operator lama tidak memberikan akun SDM tersebut.

Fungsi dari akun SDM ini untuk mengelola data :

Di bawah ini akan kami sharing cara mendaftarkan di akun SDM tapi sebelumnya dipertegas lagi, tulisan ini hanya untuk yang belum punya akun SDM.

  1. Buka alamat situs SDM http://sdm.data.kemdikbud.go.id
    Lalu masuk Menu Registrasi Anggota => Operator Sekolah http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru
  2. Isi form yang disedikan dengan lengkap, benar, dan bisa dipertanggungjawabkan
  3. Lalu lampirkan scan surat penugasan sebagai operator sekolah yang ditandatangani kepala sekolah dan di stempel basah (file dalam format PDF dan maksimal 2 MB) gambar scan harus jelas
  4. Setelah selesai REGISTRASI, tunggu maksimal 1×24 Jam
  5. Lalu cek status pendaftaran di alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/cekAktivasi

Apabila status sudah AKTIF maka sudah bisa login,

apabila masih DALAM ANTRIAN berarti akun tersebut belum diaktivasi oleh admin pusat.

Apabila status pendaftaran TIDAK AKTIF maka akun tersebut ditolak oleh admin pusat, hal ini biasanya dalam pengisian identitas tidak jelas dan scan surat penugasan gambarnya juga tidak jelas.

Selanjutnya, apabila sudah punya akun tapi tidak bisa login karena lupa PASSWORD silahkan di reset melalui halaman berikut http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/lupaPassword




BAGIKAN
Berita berikutnyaCara Mengedit Kesalahan Data Peserta Didik Melalui VervalPD
MAH 28
Saya seorang Analis yang gemar sekali berbagi. Kepuasan tersendiri ketika huruf demi huruf yang saya ketik bermanfaat untuk Anda. Semua ini tidak akan lengkap jika Anda tidak mengkritik dan mencaci tulisan saya. Semuanya dibutuhkan demi perbaikan. Salam Sehat dan happy blogging Bro.

LEAVE A REPLY