Apa Manfaat Google Webmaster Tools Bagi Blog?

0
164

Google Webmaster Tool adalah fasilitas dan fitur yang diciptakan oleh Google untuk mempermudah dalam penggunaan sebuah Situs dalam ruang lingkup Search Engine atau Mesin Pencari. Dengan Google Webmaster Tools, kamu dapat mengamati tentang pergerakan dan aktifitas Situs dalam mesin pencari.

Terus apa saja manfaatnya ?

Google Webmaster Tools merupakan sebuah alat gratis dari google. Tentunya tool berbasis web (Web Base dan bukan Software) tools ini digunakan untuk melihat hal-hal seperti Website yang didaftarkan di mesin pencari  Verification Details, Search Appearance, Google Index, Crawl, Search Traffik, Security Issues dan Other Resources.

Berikut manfaat besar dari Google Webmaster Tools

Informasi tentang aktifitas situs:

  • Dapat mengetahui grafik kesalahan crawl, kesalahan server, dan kesalahan URL.
  • Dapat mengetahui URL yang diindeks oleh Google.
  • Dapat mengetahui URL yang dicekal karena salah setting dalam pengaturan situs.
  • Dapat mengetahui keywords (kata kunci) yang digunakan visitor dalam mengunjungi situs.
  • Dapat mengetahui banyak link anda yang diklik oleh visitor.
  • Dapat mengetahui kesalahan perayapan (crawl) oleh google,  kesalahan URL dan kesalahan server.
  • Dan masih banyak lagi.

Fasilitas konfigurasi blog

Fasilitas konfigurasi pada Google Webmaster Tools digunakan untuk mengatur target geografis blog kamu sesuai tujuan, tautan situs, URL parameter, perubahan alamat, pengaturan pengguna Google Webmaster, dan lain-lainnya.

Meningkatkan pagerank situs

Google Webmaster juga mendukung dalam upaya meningkatkan pergerakan pagerank situs kamu, hebat bukan. Kamu dapat melakukan upaya tersebut dengan cara penyempurnaan HTML dengan menghapus link yang tidak diperlukan atau pun rusak.

Baca : Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen

Selain itu juga memperbaiki judul tag yang hilang, salah satu penyebabnya karena kamu lupa menulis judul post, sedangkan Google sudah mengindeks URL post tersebut. Dan lain sebagainya.

Informasi Kinerja Situs

Tahun lalu Google mengumumkan bahwa waktu dalam membuka situs akan menjadi faktor pemicu dalam peringkat algoritmanya. Tapi bagaimana pemilik sebuah situs bisa mengetahui seberapa cepat loading situsnya? Salah satu tools terbaru dari webmaster tool yaitu Google Lab’s.

Fungsi penambahan Google Labs’ terbaru ke Google Webmaster Tools adalah sebagai alat Kinerja Situs, yang dapat menunjukkan informasi kepada pemilik situs seberapa cepat loading situs ketika diakses jika dibandingkan dengan situs lain. Kamu dapat melihatnya dalam grafik history kecepatan dan beban situs kamu.

Perlindungan deteksi malware

Sebuah situs yang telah terdaftar di Webmaster Tools dan telah diverifikasi, Google akan langsung memantau situs kamu dari ancaman malware dan memberitahu informasi ketika google menemukan malware.

Google akan menunjukkan bahwa pada situs tersebut terdapat sesuatu yang mencurigakan dan akan dianggap sebagai malware. Google juga akan memberikan saran tentang solusi untuk menghilangkan masalah tersebut.

Jika Google Webmaster Tools menemukan sesuatu yang mencurigakan apalagi malware di situs kita, semua visitor situs kamu yang menggunakan browser Google Chrome akan langsung melihat notifikasi peringatan. Jadi kamu hanya harus ikuti solusi dan saran yang diberikan Google.

Setelah memperbaiki situs kamu dari masalah malware, Google akan menelusuri ulang situs kamu untuk memastikan bahwa tidak ada lagi masalah malware dalam situs tersebut

Begitu pun dengan para pengunjung situs kamu, mereka yang menggunakan browser Google Chrome tidak akan menemukan lagi pesan peringatan. Ini merupakan hal yang penting dalam menjaga keamanan situs kamu.

Mengatur Perpindahan Data Historical dari Satu Domain ke domain lainnya.

Google telah menyediakan sebuah cara yang praktis dalam menjaga data history kamu dari Google Webmaster Tools, meskipun apabila profil situs telah dirubah karena perubahan domain situs.

Jika kamu mempunyai domain baru dan ingin berpindah domain, maka kamu hanya cukup membuat domain itu dengan mendaftarkan domain tersebut di Google Webmaster Tools dan memverifikasinya. Seperti yang akan kita lakukan pada setiap situs.

Lalu gunakan Perubahan fitur Alamat di Webmaster Tools untuk mengingatkan kepada Google ketika memindahkan data historis dari profil domain lama ke yang baru.

Berikut ini adalah link Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools.  Bagi kamu yang belum mendaftarkan blognya, cepat daftarin deh. Agar blog anda bisa terurus oleh kamu dan Google.

LEAVE A REPLY