Cara Membuat Sub Judul Di Artikel Untuk Mengoptimalkan Hasil Pencarian Google

5
217

Cara Membuat sub judul atau sering disebut dengan subheading (H1, H2, H3…) sangat penting untuk mengoptimalkan hasil pencarian di google, tapi hal ini terkadang sangat disepelekan dan bahkan jarang diterapkan. Tetapi banyak di antara blogger yang sudah memahami cara membuat sub judul justru menerapkannya secara berlebihan, nah bingung juga kan.

Ini adalah pelajaran klasik SEO, tetapi kita juga harus berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak menjadi bumerang atau malah dianggap spam oleh google.

Bagaimana cara membuat sub judul yang paling tepat?

Biasanya kebanyakan orang selalu menempatkan kata kunci pada sub judul yang akan dibuat, ini tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Google akan menyebutnya sebagai spam karena di anggap menempatkan keyword stufing, yaitu kata kunci berulang-ulang pada judul, karena subheading juga merupakan judul.

Jadi membuat bagian judul dengan penempatan kata kunci dengan jumlah yang sewajarnya saja. Kecuali konten yang dibuat memadai dan panjang (di atas 1000 kata), kita bisa menempatkan kata kunci secara langsung di beberapa bagian judul sekaligus.

Membuat sub judul untuk sasaran variasi kata kunci

Menurut saya ini yang paling efektif, yaitu membuat bagian judul dengan kata yang variatif untuk menunjang kata kunci utama. Yang pasti ini sangat tepat diterapkan pada artikel yang tidak terlalu panjang, tujuannya adalah mendongkrak kata kunci utama dengan pilihan kata yang tepat. Yang saya maksud pemilihan kata yang tepat adalah kata atau kalimat yang secara langsung berhubungan dengan kata kunci utama.

Sebagai contoh : Artikel dengan judul dibawah ini.

“Membuat kerajinan tangan yang menjual”

Kita masih tetap bisa variasikan kata kunci utama yaitu “kerajinan tangan” dengan kata kunci penunjang.

Hasilnya adalah :

Manfaat kerajinan tangan untuk mencari penghasilan tambahan

Berkarya dengan kerajinan tangan untuk mengurangi pengangguran

Menghasilkan uang dengan kerajinan tangan yang laku dijual

Atau terus kembangkan kata kunci utama dengan kata variatif lainnya untuk ditempatkan pada sub judul atau subheading.

Jangan menerapkan kata kunci membuat kerajinan tangan, setelah itu pada paragraf lain menuliskan membuat kerajinan tangan dan di subheading lain membuat kerajinan tangan lagi.

Dengan begitu kata kunci tidak akan variatif dan justru akan di anggap tindakan spaming oleh google.

Penempatan sub judul sesuaikan dengan panjang artikel

Tidak terlalu sulit untuk membuat bagian judul yang variatif, kita bisa menggunakan kata atau kalimat yang kemungkinan banyak dicari orang. Tentu saja kita harus pandai-pandai dalam memilih kata yang tepat dan masih berhubungan dengan judul utama.

Untuk penempatan bagian judul bisa disesuaikan dengan panjang artikel, jangan terlalu mengulang atau membuat bagian judul dalam rentang yang berdekatan, misalnya untuk artikel yang pendek.

Nah panjang artikel ini juga akan menentukan variatifnya kata kunci dan kemungkinan kata atau kalimat yang sering banyak dicari orang.

Itulah cara sederhana membuat sub judul di artikel untuk lebih memaksimalkan hasil pencarian di google, buatlah SEO secara natural dan sewajarnya saja agar terhindar dari pinalty google.

Semoga bermanfaat.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY